Senin, 25 November 2013

Jangan Tunda Lagi, Action Sekarang Juga

Sejuknya udara pagi ini membuat saya hari ini terjaga sejak pukul 03.30 WIB untuk memulai aktifitas. Saya mulai aktifitas hari ini dengan memanjatkan doa kepada Illahi dalam indahnya ritual tahajut nan tenang dan sepi. Selesai bermunajad kepada Illahi saya teruskan langkah kaki menuju masjid kampung yang sekitar 400m dari rumah untuk menunaikan shalat Subuh. Masjid kecil ini nampak sangat luas sekali di waktu subuh, ukurannya yang kurang dari 100m persegi hanya diisi tiga orang saja paling banyak enam orang saja. Banyak laki-laki muslim yang belum sadar akan keutamaan berjamaah di masjid.
Selesai aktifitas di masjid, saya teruskan dengan membuka internet guna menambah wawasan informasi biar tidak ketinggalan. Tak lupa pula juga saya buka facebook, semua blog dan web yang saya kelola dan email untuk mengecek jikalau ada sesuatu yang urgent yang harus saya kerjakan. Begitulah rutinitas harianku di pagi hari yang memang sudah mulai kurutinkan seperti itu satu bulan ini. Bukan untuk hal yang tidak-tidak, karena semata ingin memperbaiki diri saja dan setidaknya tidak kalah sama ayam yang bangun di pagi buta. Ayam aja bisa bangun pagi, kok manusia malah siang bangunnya, malu dong....:D "Awas nanti rezekinya dipatok ayam", kata almarhum ibu saya dulu jika anak-anaknya bangun kesiangan.
Membuka facebook, adalah salah satu rutinitas pagi saya, bukan untuk beralay-alay dengan status yang tak jelas, semata karena ingin memantau informasi terkini dan membaca motivasi-motivasi dari beberapa akun fb yang saya ikuti. Pagi ini, tidak sengaja saya baca status salah satu teman yang terpampang di beranda facebook saya. Kurang lebih statusnya seperti berikut ini:

"Lebih baik bertahan untuk mematangkan rencana, dari pada tergesa-gesa untuk kembali lagi.."

Saya agak merenung sejenak setelah membaca status teman tersebut. Iyakah baiknya seperti itu? Namun setelah saya pikir, rupanya ada sedikit yang mengganjal pikiran saya, makanya langsung saja saya masuk ke dasbor blog ini guna menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya mengenai status tersebut, mengenai rencana.
"lebih baik bertahan untuk mematangkan rencana," itulah penggalan kalimat pertama dari status tersebut. nampak tidak ada yang salah dalam kalimat tersebut, ya dalam melakuka sesuatu kegiatan entah apapun itu, bisnis, perjalanan, atau yang lainnya hendaknya direncanakan dengan sangat matang. Pun jika tidak matang biasanya akan jauh berbeda dengan harapan yang diinginkan. Saya tidak faham inti dari status tersebut dimaksudkan untuk hal apa, namun akan menjadi berbeda jika hal itu dimaksudkan untuk bisnis
Dalam berbisnis, rencana memang menjadi utama untuk memulai bisnis (usaha) namun tidak harus menunggu matang seperti buah durian sehingga enak buat dimakan. Setelah mempunyai rencana, tahap yang perlu dilakukan hanyalah segera action, segera eksekusi rencana bisnis tersebut. Dengan kata lain, tidak perlu banyak pikir, hanya cukup dieksekusi saja. Setelah jalan nanti baru dipikir bagaimananya.
Berapa banyak orang yang hanya jalan di tempat karena banyak berencana, banyak berpikir ini itu, nanti bagaima, terus caranya apa, dapat modal dari mana? Sehingga alih-alih usahanya sudah jalan, ahirnya si orang ini hanya stagnan tidak bisa kemana-mana, usahapun hanya sekedar di rencana-rencana yang tersimpan di otaknya, tidak pernah dijalankan.
Memulai usaha itu sangat mudah, cukup mempunyai angan-angan untuk sukses (impian), lalu rencana usaha apa yang hendak dimulai, dan mengeksekusinya menjadi usaha nyata. Tidak perlu banyak dipikir dahulu, jika banyak mikir saya jamin usaha anda tidak pernah jalan. Jalanin aja dulu, nanti sambil jalan pelan-pelan anda akan berpikir bagaimana cara mengemangkannya, bagaimana bisnis bisa dipercepat menjadi lebih besar, bagaimana cara mendapatkan akses permodalan, bagaimana mengembangkan pasar, dll. Itu semua akan otomatis dipikirin jika usaha anda sudah jalan, namun jika tidak jalan terlebih dahulu ya hanya bikin kepala tambah pusing aja,,, :D
Dibutuhkan keberanian ekstra guna memulai usaha, bahkan saya katakan harus nekat. Pernah saya alami ketika hendak membuka usaha Kaos/T-shirt, awalnya begitu banyak pikiran ini itu dan lain sebagainya yang malam membuat saya semakin takut saja untuk memulai usaha, nanti jangan-jangan...? hhmmmmmm,,,,,dengan gambling ahirnya saya eksekusi itu rencana usaha kaos. Saya tersadarkan bahawa jika tidak dimulai secepatnya maka saya akan semakin takut untuk memulai dan tentunya akan semakin tertinggal dari orang lain, dan saya tidak mau makanya ku putuskan untuk memulainya.
Hal-hal yang tadinya menghatui ruapanya tidak semenakutkan apa yang saya pikirkan, setiap kedala selalu terlalui dengan lancar, semuanya ada jalan keluarnya. ya,,,,, saya katakan bahwa selalu ada jalan, selalu ada jalan, tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa dikerjakan asal mau bekerja keras. Kalau anda tanya, bagaimana usaha kaos saya? sukseskah? saya jawab pasti akan sukses, semua butuh proses, dan saya sedang menjalani proses tersebut, dan saya yakin sukses. 
Semua strategi pengembangan bisnis akan dengan otomatis terpikirkan jika usaha sudah jalan, dan saat ini, di tengah-tengah saya mengembangkan usaha kaos saya juga membangun bisnis lain bersama tim-tim saya yaitu brownies bekatul dan jasa konsultasi. Dapat saya tarik kesimpulan bahwa, usaha itu harusnya segera dieksekusi, jika hanya direncanakan maka tidak akan pernah jalan. Jangan banyak mikir, just action...!

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama Beranda

About Me

Foto Saya
Adalah sebuah kebanggaan dan kehormatan bisa berbagi dengan sesama. Dua tahun mengabdi sebagai tenaga penyuluh lapangan industri Kecil dan Menengah adalah sebuah anugerah. Kembali dipercaya sebagai konsultan PLUT-KUMKM di www.plutjogja.com adalah suatu amanah. Owner www.kaosmurahku.com www.dompetpari.com 0856 2465 9410 @bossmalas
 
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger