Senin, 25 November 2013

Milikilah Tujuan yang Jelas

Beberapa hari ini pikiran saya begitu penuh, begitu banyak ide-ide bisnis dan ide tulisan yang bertebangan di otak ini bahkan sampai bingung yang mana dulu yang hendak dieksekusi. Namun pagi ini kucoba fokuskan diri guna menelurkan salah satu ide dalam bentuk tuliasan yang akan saya paparkan berikut ini.
Saya putar musik kencang-kencang, sambil teriak saya ikuti alunan lagu yang dinyanyikan group band Padi, ya,,,karena salah satu favoritku adalah karya-karya Padi mulai dari yang agak melou sampai yang jingkrak-jingkrak. Ada Mahadewi, Hitam, Begitu Indah, Tak Hanya Diam dan masih banyak lagi. Buatku, memutar musik sambil mengikuti irama memang dapat memberikan energi senidiri guna mengembalikan badan ke kondisi segar dan pikiran menjadi lebih fokus. begitulah sekiranya saya mencoba memfokuskan diri pagi ini guna menelurkan ide dalam bentuk tulisan.

"sntai z, jlan truz,,,,
Hidup g perlu beken, reputasi dri g perlu dicri, biarin do'i menglir dg pasti,,, seMangat PaGI..."

Begitulah kira-kira isi dari status teman saya di facebook yang terpampang di beranda saya. Agak membuat saya merasa semakin greget guna meneruskan ide tulisan ini yang memang sudah terlintas dari beberapa waktu lalu. Bagaimana tidak, alih-alih hidup harus berlari mengejar ketertinggalan, malah jalan santai. Bukankah kebutuhan hidup itu tidak bisa ditunda-tunda dan harus segera dipenuhi? Bukankah ketika kita sakit harus segera diobati? Seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu, setelah kecapean di acara pernikahan saudara badan saya langsung drop, tidak mau berlama-lama karena memang esok harinya saya harus melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja, dengan segalan upaya ahirnya sembuh pula badan saya dan esoknya langsung bisa ke Jogja. Dan tidak hanya itu, sesampainya di Jogja, saya langsung memimpin rapat tim Katulistiwa Bakery yang mentalnya sedikit down karena sesuatu. dan malamnya saya harus begadang juga sama teman seperjuangan di salah satu hotel di Jogja, dan esoknya sudah dengan berbagai agenda. itu artinya hidup tidak boleh santai, karena hidup terus berjalan, dan episode terus berganti. Ataukah anda hanya mau di episode "santai" dan tak pindah ke episode yang lainnya? Terserah Anda!

Hidup harus beken, saya ulangi Hidup Harus Beken! kenapa? Karena itu adalah salah satu kebutuhan sosial manusia. Beken adalah salah satu kebutuhan aktualisasi dari manusia yang memang sudah menjadi karakter. Beken disini bukan dalam artian SOK Beken, namun benar-benar beken. Bukan karena diada-adain supaya menjadi beken seperti orang lain punya ini itu, kita harus juga punya ini itu. Tidak! Bekenlah menurut kebekenanmu sendiri, jika anda merasa beken bisa bikin tulisan yan menulislah. Jika anda beken dengan mengajar ya mengajarlah. Jika anda beken dengan berbagi ya berbagilah. Difinisikan kebekenan anda sendiri, karena kebekenan itu yang nantinya akan membuat anda merasa puas akan hidup, merasa jauh lebih bersyukur aakan apa yang anda capai, dan mempunyai energi untuk lebih beken lagi.

Reputasi harus dikejar. Ingat! Dikejar! Tidak datang sendiri. Anda pernah liat lalat mengerubungi, maaf, kotoran? Tahukan apa yang membuat lalat-lalat itu berkerubung? ya,,,,,karena adanya kotoran. Sekali lagi maaf saya gunakan perumpamaan yang jelek karena memang saya ingin anda merasa ditampar. Karena suatu alasanlah seseorang itu mendapatkan sesuatu, tak terkecuali reputasi. Reputasi harus perjuangkan dengan maksimal dalam artian harus dikejar dengan bekerja sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Jika anda seorang penulis, menulislah dengan baik sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat buat orang lain. Jika anda seorang guru, mengajarlah dengan baik sehingga menghasilkan anak didik yang berkarakter tangguh. Jika anda seorang pebisnis maka berbisnislah dengan baik, layani konsumen dengan sebaik mungkin sehingga kepercayaan konsumen besar ke anda. Dalam hal apapun, reputasi selalu dipertaruhkan, sekali jatuh maka kepercayaan orang ke anda akan hilang, maka jagalah dengan sebaik mungkin.

Hidup tidak boleh mengalir! orang yang hidupnya mengalir seperti daun yang jatuh di lautan yang kemana-mana mengikuti arus ombak yang membawanya. Hidup harus mempunyai tujuan pasti, kemana akan berlabuh, dimana akan berhenti. Dengan tujuan yang jelas, hidup akan lebih terarah dalam pencapaian tujuan, tidak akan terombang-ambing oleh kesumpekan kehidupan. Ia aka memberikan energi untuk terus bergerak guna mencapai tujuannya. Disaat yang lain mengeluh akibat ketididakberdayaan, Ia akan terus melangkah dengan pasti meski ditengah badai ketidakpastian hidup. Namun satu yang pasti yang ia perjuangkan, tujuan yang hendak dicapai. Pun seandainya tujuannya telah tercapai, maka dengan otomatis ia akan mempunyai tujuan lagi. ya,,,,,begitulah hidup, harus mempunyai tujuan yang pasti, ataus saya lebih enak menyebunya sebagai impian atau dream. Bukankah air mengalirpun mempunyai muara untuk berlabuh? Lantas bagaimana dengan Anda?

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

About Me

Foto Saya
Adalah sebuah kebanggaan dan kehormatan bisa berbagi dengan sesama. Dua tahun mengabdi sebagai tenaga penyuluh lapangan industri Kecil dan Menengah adalah sebuah anugerah. Kembali dipercaya sebagai konsultan PLUT-KUMKM di www.plutjogja.com adalah suatu amanah. Owner www.kaosmurahku.com www.dompetpari.com 0856 2465 9410 @bossmalas
 
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger